Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Sunday, May 23, 2010

Voice Over IP


Voice over Internet Protocol (biasa disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan di alirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Salah satu aplikasi VoIP yang tersedian adalah Skype. Skype adalah aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.

Keuntungan VoIP antara lain :
·         Biaya yang diperlukan lebih rendah untuk komunikasi jarak jauh. VoIP yang dihubungkan melalui internet membuat biaya yang di butuhkan sangat rendah.
·         Pemanfaatan infrastruktur jaringan yang sudah ada. Sangat berguna bagi perusahaan yang sudah mempunyai jaringan, sehingga tidak di perlukan lagi biaya tambahan untuk komunikasi.
·         Penggunaan bandwidth yang lebih kecil dari telepon biasa. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
·         Variasi penggunaan peralatan yang ada, contoh dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset

Kelemahan VoIP :
·         Kualitas suara tidak sejernih telkom.
·         Ada jeda dalam telekomunikasi.
·         Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk di sambung ke jaringan milik telkom.
·         Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
·         Peralatan relatif mahal.




Reference: http://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

No comments:

Post a Comment