Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Monday, May 24, 2010

Pendiri Yahoo

Yahoo adalah salah satu komunitas pengguna email terbesar di dunia, selain itu yahoo juga menjadi alat telkomunikasi yang di gunakan. Selain itu yahoo juga menjadi search engine yang cukup diperhitungkan.

Membahas tentang yahoo tentunya kita tidak melupakan pendiri yahoo itu sendiri. Jerry Yang, pria berkebangsaan Taiwan ini adalah pendiri dan juga pemimpin dari Yahoo!

Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih Yuan. Saat dia berumur 10 tahun, Jerry, ibu serta adik-adiknya pindah dan menetap di San Jose, California, sebagai imigran.
Semua bermula saat dia menuntut ilmu di pendidikan program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University. Saat itu Jerry bertemu dengan David Filo, saat itu mereka sangat senang menghabiskan waktu berjam-jam untuk surfing di internet. Suatu saat mereka kesulitan untuk mencari link di dalam internet, maka pada bulan Februari 1994, mereka mulai mangumpulkan link-link favorit mereka dengan membuat indeks atas situs-situs web favorit mereka. Akhirnya, list berupa link dari situs yang telah mereka temukan yang mereka buat telah menjadi terlalu panjang dan terlalu banyak, sehingga mereka membaginya menjadi kategori-ketegori. Saat kategori-kategori itu pun tidak memenuhi, dibuat juga sub-subkategori. Itulah awal mula lahirnya konsep dari pembuatan Yahoo!.

Nama yang diberikan untuk situs pertama kali adalah Jerry`s Guide to the World Wide Web, tetapi nama tersebut terlalu panjang untuk nama sebuah situs. Setelah itu dirundingkanlah nama yang lebih singkat dan diputuskan untuk menggunakan nama Yahoo, yang merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical Oficious Oracle.

No comments:

Post a Comment