Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Sunday, May 23, 2010

Linux

Pada 5 Oktober 1991, Linus Benedict Torvalds, seorang mahasiswa Universitas Helsinki di Finlandia mengumumkan kepada sebuah newsgroup bahwa dia telah berhasil menciptakan sebuah sistem operasi mirip UNIX yang sangat sederhana dan diberi nama LINUX. Linux adalah sistem operasi mirip Unix yang sangat komplit. Linux telah menjadi "nafas segar" di arena sistem operasi. Linux bukan lagi sekedar "proyek mini" yang di kerjakan oleh Linus Torvalds dkk, tetapi Linux telah tumbuh menjadi "rival" bagi sistem operasi besar lainnya.


Macam-macam distro pada Linux :
  • Slackware, merupakan distributor yang mengenalkan Linux. Distributor ini merupakan distributor yang paling tua dan masih tradisional.
  • Redhat, merupakan distributor yang cukup terkenal diwilayah Asia dan Amerika. Kebanyakan Redhat digunakan sebagai server, karena kestabilannya.
  • SuSe, merupakan distributor dari Jerman dan lebih terkenal di kawasan Eropa. SuSe merupakan distributor pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dalam instalasinya.
  • Mandrake, merupaka turunan dari RedHat Linux. Distributor ini merupakan distributor yang cukup dikenal di Indonesia karena kemudahan dalam instalasi dan pengoprasiannya.
  • Trustix Linux Merdeka, merupakan hasil karya programmer Indonesia. Distributor ini dibuat untuk memenuhi keinginan dari masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat TI pada khususnya untuk menggunakan Linux yang berbahasa Indonesia dalam pengoprasiannya.

No comments:

Post a Comment