Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Thursday, May 27, 2010

Perkembangan Printer dan Scanner Sebagai Input-Output

Perangkat input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer, sedangkan perangkat output adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan komputer. 
Perangkat input-output pastinya tidak asing bagi kita, bahkan mungkin  sedang tehubungkan dengan komputer kita saat ini, atau mungkin ada lebih dari 4 perangkat yang terhubung dikomputer kita. Saat menggunakan mengkoneksikan beberapa perangkat kita harus memikirkan kondisi komputer kita, sistem operasi yang bermacam-macam membuat tidak semua sistem operasi dapat bekerja secepat biasanya saat disambungkan dengan banyak perangkat input-output. Sehingga lebih baik kita tidak menghubungkan banyak perangkat yang tidak terpakai.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perkembangan alat input-output itu sendiri. Saya akan mengambil printer dan scanner sebagai pokok pembahasan. Printer dan scanner merupakan salah satu alat input dan output yang cukup dibutuhkan dalam masa sekarang ini. Keduanya pun terus mengalami perkembangan sejak ditemukan hingga sekarang.


 Printer, alat ini merupakan alat yang cukup familiar bagi semua pengguna komputer. Setiap kegiatan cetak-mencetak yang kita lakukan melalui komputer pastinya melalui alat ini. istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan oleh printer. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk atau tidak bagus. 

Jenis-jenis printer antara lain :
Printer Dot-Matrix
 Printer Dot-Matrix merupakan pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Printer jenis ini ketika sedang mencetak suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik dan kurang bagus karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi pada saat ini printer tersebut masih banyak digunakan karena memang terkenal “bandel” (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.  
  
Inkjet Printer
Inkjet printer merupakan alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus dan jelas. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. 
 
Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus dan terang, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.



Scanner, scanner merupakan alat serbaguna yang bisa kita gunakan untuk mengubah file gambar, foto, poster, maupun dokumen cetak Anda menjadi sebuah file gambar yang bisa Anda edit dan lihat di layar monitor Anda, atau dokumen teks digital yang bisa Anda baca menggunakan software seperti Microsoft Word.
Scanner mulai berkembang sejak tahun 1975, saat itu Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek scan dan menerjemahkannya menjadi data teks. Dan saat ini scanner juga bisa kita gunakan untuk men-scan negatif film dan objek 3 dimensi.
Kelebihan scanner jenis ini selain mudah digunakan, juga ukuran yang tepat dan resolusi tinggi. Sedangkan kelemahannya, kaca yang mudah kotor akan mempengaruhi hasil scan, dan bentuknya memakan ruang.


No comments:

Post a Comment