Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Thursday, June 2, 2011

Ikan Napoleon

Orang Australia menyebut ikan ini dengan nama Hump Head Maori Wrasse, yang dibedakan karena bagian mukanya mempunyai guratan-guratan yang menyerupai hiasan muka orang Maori. Guratan-guratan tersebut berwarna krem (kuning susu) yang saling tumpang tindih pada bagian hidung dan pipi, kemudian meluas ke atas badan dan seberang ujung sirip dada. Badannya disepuh dengan warna hijau cerah dan di bagian atas seluruh seluruh sirip-siripnya berwarna coklat. Warna pada bagian ekor mengarah kebiru-biruan. Sisik badan sangat besar, di tepiannya digoresi dengan garis vertikal berwarna krem kehitman. Dua guratan hitam di sekitar matanya mengarah ke belakang dan dua lagi agak miring menghadap ke arah bagian paling atas bibir. Semakin tua ikan ini, benjolan daging di atas matanya semakin membesar. 
Ikan ini biasanya bergerak dalam kelompok kecil (antara 8 sampai 10 ekor) ke perairan terumbu karang yang dangkal untuk mencari makan. Cara makannya adalah dengan membongkar karang mati dengan gigi besarnya untuk mencari siput dan cacing-cacingan yang terkubur. Mereka gemar sekali makan kerang-kerang yang berukuran besar seperti Triton. Ikan ini sanggup memecahkan cangkang kerang-kerangan tersebut dengan mudah untuk diambil dagingnya. Bunyi gerusan mulutnya ketika makan, sangat menarik bagi para penyelam sehingga diibaratkan seperti sekelompok anak-anak yang sedang memakan kembang gula. Kadang-kadang juga ikan besar ini mengasah giginya pada karang massif (padat) sehingga meninggalkan bekas goresan yang menakjubkan.
Ikan Napoleon termasuk ke dalam ikan ekonomis penting yang mempunyai harga tinggi. Permintaan akan ikan Napoleon di pasar luar negeri sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya upaya penangkapan yang cukup intensif di perairan terumbu karang Indonesia. Namun sayangnya, cara-cara penangkapan yang dilakukan oleh nelayan kita, masih menggunakan metode yang tidak lestari seperti: penggunaan cyanida. Sebagai upaya untuk mempertahankan kelestarian sumberdaya alam terutama ikan Napoleon, pemerintah telah menerapkan beberapa produk hukum yang telah ada.

No comments:

Post a Comment