Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Monday, May 9, 2011

Hipnotis

Hipnotis adalah kata dalam bahasa Indonesia untuk “hypnosis” yang berasal dari kata hypnos, yaitu dewa tidur dalam legenda Yunani. Istilah “hypnosis” sendiri diperkenalkan oleh Dr. James Braid, salah satu peneliti fenomena hipnotis yang berasal dari Inggris di era abad ke-19.

Salah satu deskripsi populer mengenai hipnotis, adalah bahwa hipnotis merupakan salah satu “keadaan kesadaran” (state of consciousness) manusia.
Secara sederhana terdapat 3 keadaan kesadaran manusia, yaitu : “keadaan normal” (normal state), “keadaan hypnos” (hypnosis state), dan “keadaan tidur” (sleep state).

Menghipnotis dapat diartikan secara bebas sebagai kegiatan untuk membawa orang lain ke “keadaan hypnos”. Sedangkan Hypnotist adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk membawa orang lain ke “keadaan hypnos”. Dalam buku-buku hipnotisme Indonesia versi lama, hypnotist sering juga disebut sebagai “juru hipnotis”.

esungguhnya yang terjadi dalam setiap peristiwa hipnotis adalah fenomena self-hypnosis (menghipnotis diri sendiri) yang dipandu. Seseorang tidak dapat dipaksa memasuki “keadaan hypnos” jika ia memang tidak menginginkannya. Artinya, tugas seorang hypnotist hanyalah mempermudah orang lain untuk dapat memasuki “keadaan hypnos”, sehingga peran utama justru terletak pada pihak yang dihipnotis, oleh karena itu pihak yang dihipnotis justru disebut sebagai “subyek”.

sumber : http://hipnotis.net/tanya-jawab/tanya-jawab

No comments:

Post a Comment