Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Sunday, January 9, 2011

Pantai Sengigi

Indonesia merupakan tempat yang kaya akan tempat wisata, hanya saja akomodasi yang terbatas menyulitkan para wisatawan untuk sampai ke tempat tersebut. Salah satu tempat wisata yang sangat indah adalah Pantai Sengigi yang terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkeling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Kita pun dapat menetukan tempat menginap dengan harga yang sangat bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal.




Di Pantai Senggigi itu pun kita tidak hanya bisa menikmati pemandangan bawah laut saja, tetapi disana juga terdapat Batu Bolong, Batu Bolong adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati.

Selain itu juga ada Batu Layar, juga tidak jauh dari Batu Bolong. Disini terdapa makam seorang ulama, dan juga merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai di kunjungi pada saat " Lebaran Ketupat " yang merupakan lebaran bagi orang yang berpuasa 1 minggu setelah lebaran Idul Fitri.

Tentu saja Pantai Senggigi hanya satu dari banyak tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah dari tempat-tempat di dunia.

1 comment: