Network engineer bertanggungjawab untuk memasang dan mendukung komunikasi jaringan komputer dalam organisasi atau antar organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan operasi yang lancar dari jaringan komunikasi untuk menyediakan performance yang maksimum dan ketersediaan untuk user (staff, client, customer, supplier, dan lain-lain).
Network engineer bekerja secara internal sebagai bagian dari tim pendukung IT di organisasi atau secara eksternal sebagai bagian dari perusahaan konsultansi networking dengan beberapa client.
Aktivitas Kerja Network engineer
Pekerjaan ini terpengaruh oleh ukuran dan tipe dari organisasi yang mempekerjakannya. Aktivitas standar yang dilakukan oleh orang-orang berprofesi dibidang ini adalah:
- Memasang, mendukung, memelihara server hardware dan infrastruktur software baru
- Mengatur e-mail, anti spam, dan virus protection
- Melakukan setting user account, izin dan password
- Memonitor penggunaan jaringan
- Memastikan cost-effective dan efisiensi penggunaan server
- Mengusulkan dan menyediakan solusi IT untuk masalah bisnis dan manajemen
- Memastikan semua peralatan IT memenuhi standar industri
- Menganalisa dan menyelesaikan kesalahan, mulai dari major system crash sampai kelupaan password
- Mengerjakan rutin preventative measures dan mengimplementasikan dan memonitor keamanan jaringan, jika jaringan terkoneksi ke internet
- Menyediakan pelatihan dan dukungan teknis untuk user dengan bermacam tingkat pengetahuan IT dan kompetensi
- Mengawasi staff lain, seperti help desk technician
- Bekerja dekat dengan departemen/organisasi lain dan berkolaborasi dengan staff IT lain
- Merencanakan dan mengimplementasikan pengembangan IT untuk masa mendatang dan menjalankan kerja proyek
- Mengelola website dan memelihara jaringan internal
- Memonitor penggunaan web oleh para pekerja
Kemampuan Network engineer
Orang-orang yang ingin berprofesi di bidang ini harus memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Pengetahuan yang up to date dan memahami kebutuhan bisnis dan industri
- Kemampuan komunikasi yang baik sekali
- Mampu untuk menerima bermacam tugas dan memperhatikan detail
- Kemampuan analytical dan problem-solving
- Kemampuan teamwork dan mampu untuk merasa nyaman bekerja dengan tim, client dan grup staff yang berbeda antar organisasi
- Kemampuan organisasional
No comments:
Post a Comment