Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Sunday, March 27, 2011

Banjir

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di musim penghujan. Banjir pun telah melanda daerah si seluruh nusantara Indonesia. Banjir pun telah menelan korban yang cukup banyak, dan banyak lapisan masyarakat yang merugi karna ada banjir, rugi harta maupun nyawa.
Banjir pun terjadi karena banyak hal bias terjadi dari alam sendiri mau pun dari masyarakat. Banjir pun biasa terjadi dari ualh tangan manusia yang melakukan penggundulan hutan, dan pembuangan limbah dari perusahaan-perusahaan mau pun limbah-limbah dari rumah tangga . Selain tuh pun banjir terjadi karena banyak sampah-sampah yang berserakan dimana-mana, dan di saluran air atau gorong-gorong yang mengakibatkan penyumbatan saluran air, sehingga terjadi banjir.
Akibat dari banjir pun banyak sekali. Dan banyak yang menanggung akibat itu pun sendiri adalah masyarakat. Akibatnya pun banyak masyarakat yang mengungsi di tenda-tenda pengungsian, karena rumah mereka terkena banjir. Tapi banyak juga masyarakat yang tetap tinggal di rumahnya masing-masing, walaupun rumah mereka terendam banjir. Karena mereka ingin tetap menyalamatkan harta benda mereka padahal mereka tidak menyadari bahwa nyawa mereka akan terancam bila mereka tetap berada di rumah mereka yang terendam banjir.

Adapun penyebab terjadinya banjir antara lain :
  • Penebangan hutan secara liar tanpa disertai reboisasi,
  • Pendangkalan sungai,
  • Pembuangan sampah yang sembarangan, baik ke aliran sungai mapupun gotong royong,
  • Pembuatan saluran air yang tidak memenuhi syarat,
  • Pembuatan tanggul yang kurang baik,
  • Air laut, sungai, atau danau yang meluap dan menggenangi daratan.
Tentu saja kita dapat mencegah banjir yaitu dengan cara mulai menyayangi lingkungan kita dengan cara merawatnya bukan merusaknya.

No comments:

Post a Comment