Blog ini ditujukan untuk tugas-tugas kuliah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tulisan yang bersifat umum.
Ferdian Faizal, Universitas Gunadarma, 2008

Saturday, June 4, 2011

Wayang

Wayang dikenal sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk arca atau gambar.
Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
Ada versi wayang yang dimainkan oleh orang dengan memakai kostum, yang dikenal sebagai wayang orang, dan ada pula wayang yang berupa sekumpulan boneka yang dimainkan oleh dalang. Wayang yang dimainkan dalang ini diantaranya berupa wayang kulit atau wayang golek. Cerita yang dikisahkan dalam pagelaran wayang biasanya berasal dari Mahabharata dan Ramayana.
Pertunjukan wayang disetiap negara memiliki teknik dan gayanya sendiri. Dengan demikian, wayang Indonesia merupakan buatan orang Indonesia asli yang memiliki cerita, gaya, dan dalang yang luar biasa.
Kadangkala repertoar cerita Panji dan cerita Menak (cerita-cerita Islam) dipentaskan pula.
Wayang, oleh para pendahulu negeri ini mengandung arti yang sangat dalam. Sunan Kalijaga dan Raden Patah sangat berjasa dalam mengembangkan wayang. Para Wali di tanah Jawa sudah mengatur sedemikian rupa menjadi tiga bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah, dan ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing sangat bekaitan satu sama lain. Yaitu "Mana yang Isi (Wayang Wong) dan Mana yang Kulit (Wayang Kulit) harus dicari (Wayang Golek)".

sumber : wikipedia

Thursday, June 2, 2011

Bantal

Sebuah bantal adalah sebuah tas lembut dari beberapa materi hias, diisi dengan wol , rambut, bulu , poliester staple fiber, non-woven material, atau bahkan kertas robek menjadi fragmen-fragmen.
Ini dapat digunakan untuk duduk atau berlutut atas, atau untuk melunakkan kekerasan atau kekakuan karena kekurusan dari kursi atau sofa.

Bantal dan karpet dapat digunakan sementara di luar, untuk melunakkan keras tanah .
Mereka dapat ditempatkan pada sunloungers dan digunakan untuk mencegah gangguan dari lembab rumput dan menggigit serangga .
Beberapa dialek yang menggunakan bahasa Inggris kata ini untuk merujuk kepada bantal juga.

bantal adalah artikel yang sangat kuno dari furnitur , persediaan isi istana dan rumah besar di awal Abad Pertengahan terus menyebut-nyebut tentang mereka.
Bantal kemudian sering ukuran besar, ditutupi dengan kulit , dan cukup kuat untuk melayani sebagai tempat duduk, namun kecenderungan stabil furniture semua telah tumbuh lebih kecil dengan waktu.

Bantal itu, memang, yang digunakan sebagai tempat duduk di semua acara di Prancis dan Spanyol pada masa kemudian banyak yang sangat, dan Saint-Simon saatnya 'kita menemukan bahwa di pengadilan Spanyol mereka masih dianggap sebagai pengganti terhormat khusus untuk kursi.
Di Perancis, hak untuk berlutut di atas bantal di gereja di belakang raja dijaga ketat dan diatur secara ketat, seperti yang kita belajar lagi dari Saint-Simon.
Jenis bantalan disebut carreau, atau persegi.
Ketika kursi kasar dan keras, bantal mungkin telah keharusan, mereka kini salah satu kemewahan kecil kehidupan.

sumber : wikipedia

Yoghurt

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Yoghurt sering dijual apa adanya, bagaimanapun juga rasa buah, vanilla atau coklat juga populer.
Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di Amerika Serikat, untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.
Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman).
Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas.
Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat.
Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu. Yoghurt kaya dengan vitamin B.

Sejarah Universitas Gunadarma

Sejarah Universitas Gunadarma

  • Pada tanggal 7 Agustus 1981, sekelompok ahli ilmu komputer di Indonesia mendirikan pusat pendidikan komputer yang berbentuk akademi dengan nama Akademi Sains dan Komputer.
  • Pada tanggal 10 Agustus 1981, kuliah pertama Akademi Sains dan Komputer diikuti oleh 94 orang mahasiswa.
  • Pada tanggal 10 Juli 1984, secara resmi wadah akademi ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) yang memiliki 2 arti, yaitu nama arsitek ternama yang membangun Candi Borobudur dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma.
  • Pada tanggal 9 Maret 1985, diadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma pada areal seluas satu hektar di kawasan Srengseng, Pondok Cina, Depok.
  • Pada tanggal 5 Oktober 1985, status terdaftar diperoleh STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985 di mana STMIK Gunadarma mengasuh dua jenjang pendidikan, yaitu program pendidikan strata satu (S1) dan diploma (D3). Adapun jurusan yang dimiliki adalah Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.
  • Pada tanggal 5 Januari 1987, kampus baru STMIK Gunadarma yang terletak di Srengseng, Pondok Cina, Depok diresmikan penggunaannya.
  • Pada tanggal 24 Januari 1987, dilaksanakan wisuda perdana STMIK Gunadarma yang diikuti oleh 10 orang sarjana komputer bertempat di Balai Sidang Senayan, Jakarta.
  • Pada tanggal 16-23 Juni 1987, STMIK Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang mengikuti ujian negara dengan satuan kredit semester. Lulusnya seorang mahasiswa Gunadarma dalam ujian negara berarti ia akan memperoleh Ijazah Sarjana Komputer Negara yang nilainya sama dengan ijazah sarjana di perguruan tinggi negeri.
  • Pada tanggal 26 September 1987, STMIK Gunadarma menerima bantuan resmi dari presiden berupa seperangkat komputer mini MICROVAX II.
  • Pada tanggal 4 Januari 1988, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 006/0/1988, STMIK Gunadarma memperoleh status diakui, status tertinggi untuk sekolah tinggi komputer pada saat itu.
  • Pada tanggal 20-30 Maret 1989, STMIK Gunadarma mengadakan Open House '89 dan seminar dengan tema "Pengembangan Aplikasi Komputer" yang dibuka oleh Direktur Perguruan Tinggi Swasta, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Yuhara Sukra.
  • Pada tanggal 12 Agustus 1989, status disamakan diberikan kepada Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/0/1989.
  • Pada tanggal 7 September 1989, status terdaftar diberikan kepada Jurusan Teknik Informatika STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0581/0/1989.
  • Pada tanggal 19 Maret 1991, status diakui diberikan kepada Jurusan Teknik Informatika STMIK Gunadarma jenjang S1 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0354/0/1991.
  • Pada tanggal 19 Maret 1992, status disamakan diberikan kepada Jurusan Teknik Informatika STMIK Gunadarma jenjang S1 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendididkan dan Kebudayaan No. 58/DIKTI/Kep/92.
  • Pada tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma terakreditasi berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 263/DIKTI/Kep/1993 untuk menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana di bidang sistem informasi.
  • Pada tanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/Kep/Dikti/1996 dengan menaungi enam fakultas.
sumber : wikipedia

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa indonesia diangkat dari bahasa melayu.ada beberapa alasan mengapa bahasa melayu dipilih menjadi Bahasa Indonesia , yaitu :
a) Bahasa melayu sudah merupakan lingua franca di Indonesia , bahasa perhubungan , dan bahasa perdagangan.
b) Bahasa melayu sudah dikenal oleh banyak masyarakat.
c) Sistem bahasa melayu sederhana,dan mudah dipelajari karena bahasa melayu tidak mengenal tingkatan bahasa.
d) Bahasa melayu memiliki sifat terbuka untuk menerima pengaruh dari bahasa lain.
e) Suku-suku yang ada di Indonesia dengan suka rela menerima bahasa melayu menjadi bahasa indonesia sebagai bahasa nasional.
f) Bahasa melayu mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti luas.

Secara resmi bahasa melayu diangkat sebagai bahasa Indonesia tercatat dalam teks sumpah pemuda sebagai hasil kongres pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 yang berbunyi:

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku bertumpah darah yang satu,tanah Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku berbangsa yang satu,bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Menjunjung bahasa persatuan,bahasa Indonesia

Selanjutnya setelah Indonesia merdeka ,Bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa Negara seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar Neagara Republik Indonesia Tahun 1945,BAB XV,Pasal 36

Berbagai peristiwa kemudian mengiringi bahasa Indonesia , baik dalam kedudukannya sebagai bahasa persatuan maupun bahasa negara .Peristiwa-peristiwa tersebut adalah:
a) Lahirnya ejaan resmi bahasa melayu yang disusun oleh Ch.A.Van Ophuijsen pada tahun 1901.
b) Berdirinya Commissie woor de volkslectuur (Taman Bacaan Rakyat) tahun 1908,yang kemudian semakin mengembangkan bahasa Indonesia karena badan tersebut bertugas antara lain menerbitkan buku –buku berbahasa Melayu.
c) Terselenggaranya Kongres Pemuda tahun 1928 yang antara lain menghasilkan sumpah pemuda yang didalamnya tercantum pengakuan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
d) Di tandatanganinya UUD 1945 tanggal 18 Agustus 1945 yang di dalamnya tercantum pengakuan bahasa Indonesia .
e) Ditetapkannya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah pada tanggal 31 Agustus 1972 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

Kedudukan yang pertama bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa Persatuan. ini
sesuai dengan butir ketiga sumpah pemuda ,yaitu “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional yang kedudukannya diatas bahasa-bahasa daerah diseluruh nusantara. Dan kedudukan yang kedua adalah sebagai bahasa Negara. Hal ini sesuai dalam UUD 1945 Bab XV,Pasal 36 yaitu bahasa Indonesia berperan sebagai bahasa resmi kenegaraan.

FUNGSI BAHASA INDONESIA

a) Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan,bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai luhur yang mendarasi perilaku bangsa Indonesia .diharapkan pula segenap anak bangsa bersedia menjaga,memelihara,dan mengembangkan bahasa indonesia.
b) Sebagai lambang identitas nasional,bahasa Indonesia kita harapkan mampu mewakili jati diri bangsa Indonesia.Kita diharapkan mampu menjaga identitas bahasa Indonesia dari pengaruh-pengaruh luar namun tetap tidak menutup diri.
c) Sebagai bahasa nasional,yaitu alat penghubungan antar suku bangsa.
d) Sebagai alat pemersatu.karena bangsa indonesia sangat rawan akan perpecahan karena terdiri atas berbagai suku bangsa.

Dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara,bahasa Indonesia memiliki 4 fungsi yaitu:

1) Bahasa Indonesia dipakai di dalam segala upacara,peristiwa,dan kegiatan kenegaraan baik lisan maupun tulisan.
2) Bahasa Indonesia digunakan oloe Guru/Siswa/Pelaku pendidikan dalam lembaga pendidikan untuk proses pendidikan. Dan digunakan di seluruh wilayah Indonesia mulai dari tingkatan yang rendah seperti sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
3) Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa perhubungan pada tingkat nasional dalam perencanaan pembangunan dan pelaksanaannya.
4) Bahasa Indonesia digunakan untuk mengembangkan kebudayaan,ilmu pengetahuan,dan teknologi.selain itu bahasa Indonesia digunakan untuk menyatakan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai sosial yang kita miliki.
Dari hal diatas,jelas sekali betapa bahasa indonesia memang harus di gunakan dalam semua kegiatan-kegiatan berskala nasional,karena bahasa idonesia sudah di kukuhkan dalam UUD.serta masyarakat dituntut untuk sadar dan mencintai bahasanya sendiri agar rasa nasionalisme tetap terjalin dan terlaksana supaya bangsa kita tetap bersatu dan bahu membahu dalam menghadapi kehidupan mendatang.

Topi Koki (Toque)


Topi koki atau lebih dikenal dengan Toque dirancang pertama kali oleh pelukis Renaisans Italia kenamaan Leonardo da vinci tahun 1452 hingga 1519. Seorang pelukis, pemahat, arsitek, ahli mesin, dan koki yang handal. Sejarah menunjukkan toque telah dipakai oleh laki-laki dan perempuan sebagai penutup kepala saat memasak atau disebut koki. Toque merupakan pelengkap seragam para koki sekaligus menjadi ikon seorang koki.Namun sayangnya pada abad ke -16 toque tidak lagi muncul di pasaran.

Hal itu dikarenakan pembuat toque merupakan para idealis yang menjadi incaran pemerintahan saat itu dan terpaksa harus dipenjara dan dieksekusi. Sedangkan beberapa pembuat toque lainnya bersembunyi di antara imam dan biara dan berlindung di Gereja Ortodoks.

Abad ke-18 toque muncul kembali dan dirancang ulang oleh Careme dengan tujuan untuk menghindari kemungkinan rambut yang jatuh ke dalam piring hidangan. Pada pada abad ke-19 toque dimodel dengan lipatan-lipatan agar topi bisa berdiri tegak dan memberi ventilasi untuk sang kepala koki. Selain itu tradisi jumlah lipatan pada toque menunjukkan lama tidaknya pengalaman koki. Seperti seorang kepala koki dengan banyak pengalaman memakai toque dengan seratus lipatan.

Tapi meski seratus lipatan tidak ditemukan lagi pada toque kepala koki, di beberapa negara masih saja menggunakan toque yang diartikan bahwa lipatan koki yang membedakan antara kepala koki dan juru masak lainnya. Tetapi jumlah lipatan pada toque menunjukkan banyaknya cara koki dapat menyiapkan hidangan sebagai kepala koki. Dan lipatan tersebut juga sebagai bentuk penghormatan kepada kepala koki atas pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Kini juru masak di seluruh dunia tetap memakai topi ini terlepas dari sejarah dan tradisi, yang mengakibatkan evolusi dari topi koki.

sumber : wikiberita

Ikan Napoleon

Orang Australia menyebut ikan ini dengan nama Hump Head Maori Wrasse, yang dibedakan karena bagian mukanya mempunyai guratan-guratan yang menyerupai hiasan muka orang Maori. Guratan-guratan tersebut berwarna krem (kuning susu) yang saling tumpang tindih pada bagian hidung dan pipi, kemudian meluas ke atas badan dan seberang ujung sirip dada. Badannya disepuh dengan warna hijau cerah dan di bagian atas seluruh seluruh sirip-siripnya berwarna coklat. Warna pada bagian ekor mengarah kebiru-biruan. Sisik badan sangat besar, di tepiannya digoresi dengan garis vertikal berwarna krem kehitman. Dua guratan hitam di sekitar matanya mengarah ke belakang dan dua lagi agak miring menghadap ke arah bagian paling atas bibir. Semakin tua ikan ini, benjolan daging di atas matanya semakin membesar. 
Ikan ini biasanya bergerak dalam kelompok kecil (antara 8 sampai 10 ekor) ke perairan terumbu karang yang dangkal untuk mencari makan. Cara makannya adalah dengan membongkar karang mati dengan gigi besarnya untuk mencari siput dan cacing-cacingan yang terkubur. Mereka gemar sekali makan kerang-kerang yang berukuran besar seperti Triton. Ikan ini sanggup memecahkan cangkang kerang-kerangan tersebut dengan mudah untuk diambil dagingnya. Bunyi gerusan mulutnya ketika makan, sangat menarik bagi para penyelam sehingga diibaratkan seperti sekelompok anak-anak yang sedang memakan kembang gula. Kadang-kadang juga ikan besar ini mengasah giginya pada karang massif (padat) sehingga meninggalkan bekas goresan yang menakjubkan.
Ikan Napoleon termasuk ke dalam ikan ekonomis penting yang mempunyai harga tinggi. Permintaan akan ikan Napoleon di pasar luar negeri sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya upaya penangkapan yang cukup intensif di perairan terumbu karang Indonesia. Namun sayangnya, cara-cara penangkapan yang dilakukan oleh nelayan kita, masih menggunakan metode yang tidak lestari seperti: penggunaan cyanida. Sebagai upaya untuk mempertahankan kelestarian sumberdaya alam terutama ikan Napoleon, pemerintah telah menerapkan beberapa produk hukum yang telah ada.

Televisi

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom ("hitam putih") maupun warna, "Televisi" juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, acara televisi atau transmisi televisi. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.
Kotak televisi yang pertama dijual pada akhir tahun 1930-an sudah menjadi salah satu alat penerima komunikasi utama dalam rumah, perdagangan dan institusi, khususnya sebagai sumber hiburan dan berita. Sejak 1970-an, kemunculan kaset video, cakram laser, DVD dan kini cakram Blu-ray juga menjadikan kotak televisi sebagai alat untuk menayangkan hasil rekaman.
Walaupun terdapat pula kegunaan televisi yang lain seperti televisi sirkuit tertutup, namun kegunaan yang paling utama adalah penyiaran televisi yang menyamai sistem penyiaran radio ketika dibuat pada tahun 1920-an, menggunakan pemancar frekuensi radio berkemampuan tinggi untuk memancarkan gelombang televisi ke penerima gelombang televisi.
Penyiaran TV biasanya disebarkan melalui pancaran radio VHF dan UHF dalam saluran-saluran yang ditetapkan dalam jalur frekuensi 54-890 megahertz. Gelombang TV juga kini dipancarkan dengan suara stereo atau bunyi keliling di banyak negara. Siaran TV pada awalnya direkam dan dipancarkan dalam bentuk gelombang analog, tetapi kebelakangan ini perusahaan siaran publik maupun swasta kini beralih ke teknologi televisi digital.
Sebuah kotak televisi terdiri dari bermacam-macam sirkuit elektronik yang terdapat didalamnya, termasuk sirkuit penerima dan penangkap gelombang penyiaran. Perangkat tampilan visual yang tanpa pemerina biasanya disebut sebagai monitor, bukannya televisi.
Sebuah sistem televisi dapat dipakai dalam berbagai penggunaan teknologi seperti analog (PAL, NTSC, SECAM), digital (DVB, ATSC, ISDB dsb.) ataupun definisi tinggi (HDTV).
Sistem televisi juga digunakan untuk pengamatan suatu peristiwa, pengontrolan proses industri, dan petunjuk penggunaan senjata, di tempat-tempat yang biasanya atau terlalu berbahaya untuk diperhatikan secara langsung.
Televisi amatir (ham TV atau ATV) juga digunakan untuk kegiatan bereksperimen, hiburan, dan dapat dimiliki oleh para orang awam dibawah pengendalian radio amatir. Stasiun TV amatir pernah digunakan pada kawasan perkotaan sebelum kemunculan stasiun TV komersial.

sumber : wikipedia

Grafik Komputer

Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.

Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
–Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll.
–Proses dan Penyimpanan.
–Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll.

Sejarah perkembangan grafik komputer :
•Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
•1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
•1963 : -ditermukan Sutherland (MIT)
-Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)
-Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
-Mouse oleh Douglas Englebert
•1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
•1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
•1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
•1971: ditemukan Gouraud Shading,
•1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
•1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
•1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
•1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
•1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
•Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
•1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
•1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
•1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
•1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
•1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama
•Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
•Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair)

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Walaupun dinamai "pekan", biasanya berlangsung selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli untuk memperingati hari jadi kota Jakarta. PRJ pertama diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ pernah berlangsung di Taman Monumen Nasional.

PRJ pertama ini disebut DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair (Ejaan Lama). Lambar laun ejaan tersebut berubah menjadi Jakarta Fair yang kemudian lebih popular dengan sebutan Pekan Raya Jakarta.
Idenya muncul atau digagas pertama kali oleh Pemerintah DKI yang kala itu dipimpin oleh Gubernur Ali Sadikin atau yang lebih dikenal oleh Bang Ali pada tahun 1967. Gagasan atau ide ini, karena Pemerintah DKI waktu itu ingin membuat suatu pameran besar yang terpusat dan berlangsung dalam waktu yang lama.
Pemerintah DKI waktu itu juga ingin menyatukan berbagai "pasar malam" yang ketika itu masih menyebar di sejumlah wilayah Jakarta . Pasar Malam Gambir yang tiap tahun berlangsung di bekas Lapangan Ikada (kini kawasan Monas), juga merupakan inspirasi dari Pameran yang diklaim sebagai "Pameran Terbesar" ini.

Penyelenggaraan PRJ atau Jakarta Fair ini, dari tahun ke tahun mulai mengalami perkembangan pengunjung dan pesertanya bertambah dan bertambah. Dari sekedar pasar malam, "bermutasi" menjadi ajang pameran Modern yang menampilkan berbagai produk. Areal yang dipakai juga bertambah. Dari hanya tujuh hektar di Kawasan Monas kini semenjak tahun 1992 dipindah ke Kawasan Kemayoran Jakarta Pusat yang menempati area seluas 44 hektar.

Pantai Losari

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.
Di pantai ini terdapat sebuah anjungan bernama Pelatahan Bahari. Berbentuk setengah lingkaran dengan luas hampir satu hektare. Menyerupai plasa dengan lantai yang bersih. Cukup leluasa bagi anak-anak untuk bermain dan berlari-larian. Sementara para orangtua dan remaja duduk di bangku-bangku beton menikmati semilir angin laut.
Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer).
Salah satu penganan khas Makassar yang dijajak di warung-warung tenda itu adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat).
Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari.